Minggu, 23 Oktober 2011

BERWIRAUSAHA (sumber daya manusia)

Postingan kali ini,saya akan membahas tentang wirausaha.Well,saya memang belum pernah berwirausaha sih,tapi di postingan kali ini saya akan membahas rumah makan mie ayam yang dekat dari rumah saya.
Rumah makan mie ayam ini ini didirikan karena permintaan masyarakat yang tinggi akan Rumah Makan yang nyaman, murah namun tetap higienis dan menyehatkan.
Sebagian besar rumah makan mie ayam menggunakan bahan-bahan yang mengandung MSG.Maka ide bisnis dari rumah makan mie ayam ini adalah bagaimana membuat suatu masakan yang enak dan murah tetapi tidak mengandung bahan MSG sehingga makanan menyehatkan dan dapat diterima oleh semua kalangan.


Perencanaan dalam mendirikan rumah makan mie ayam ini terdiri dari:

- RENCANA PRODUKSI
• Kapasitas Produksi
Dalam hal ini rumah terdapat rencana kapasitas dimana rumah makan mie ayam menentukan rencana kapasitas berdasarkan jumlah pengunjung yang datang berkunjung.Sehingga dalam memproduksi bahan baku mie ayam harus sesuai target yang direncanakan.Misalnya dengan menargetkan 100 porsi perhari,maka dalam penjualannya 100 porsi itu harus habis.Jika tidak habis,bahan baku tidak boleh dijual besoknya.Sehingga bahan baku yang dipergunakan untuk besoknya masih fresh

• Pengendalian Kualitas
Pengendalian kualitas perlu diaktualisasikan agar kualitas serta kenyamanan para customer rumah makan mie ayam tetap terjaga.
Untuk memenuhi hal tersebut maka perlu dilakukan upaya-upaya sebagai berikut :
1. Menjaga kebersihan. Kebersihan merupakan poin penting dalam menjalankan suatu usaha. Kenyamanan konsumen menjadi prioritas untuk mempertahankan kualitas
2. Selektivitas karyawan yang memiliki kemampuan yang kompeten di bidangnya, dan mampu bekerja secara profesional
3. Selalu menjaga kualitas bahan – bahan makanan
4. Memberikan pelayanan terbaik dan bersikap ramah kepada konsumen

- RENCANA LOKASI
Dalam menentukan rencana lokasi harus dilakukan survey.Jadi survey tersebut bertujuan apakah di daerah yang akan di jadikan lokasi tersebut belum ada Rumah Makan sejenis, sehingga memungkinkan untuk mendapatkan serta meningkatkan jumlah pengunjung setiap harinya

- RENCANA PEMASARAN
• Strategi Produk
Untuk rencana pemasarannya,rumah makan mie ayam ini hanya mendirikan satu kios.Memberikan slogan “tanpa MSG” dan memasang atribut seperti spanduk pada kios sehingga menarik perhatian orang-orang yang melewati rumah makan ini.

• Strategi Harga
Rumah makan mie ayam, memberikan harga yang terjangkau dari kalangan mahasiswa hingga kalangan eksecutive muda. Harga dari produk – produk yang ditawarkan
Rp.5000-7000/perporsi dan minumannya mulai dari Rp 1000-3000/satuan.Dari terjangkaunya harga,dapat membuat orang-orang tertarik untuk mencoba sehingga kemudian hari akan datang lagi karena kepuasan dari produk dan harga.

• Strategi Promosi
Rumah makan mie ayam ini tidak menyebarkan brosur-brosur,jadi hanya berita dari mulut ke mulut.Dan sekarang rumah makan mie ayam ini membuat website sendiri untuk mempromosikan produknya.

- RENCANA FINANSIAL
• Proyeksi Kebutuhan Biaya
Dalam menjalankan suatu usaha, kebutuhan biaya merupakan hal terpenting yang termasuk ke dalam modal awal. Kebutuhan biaya tersebut dijadikan sebagai sumber dana untuk modal awal memulai usaha.

• Rencana Biaya Operasional
Terdiri dari bahan baku perhari dan tenaga kerja per bulan
Rencana finansial dinilai sangat penting karena bertujuan untuk meminimalisasi resiko dan memaksimalkan "keuntungan" melalui perencanaan dan pengelolaan keuangan secara sistematik. "Keuntungan" yang dimaksudkan merupakan nilai lebih yang diperoleh melalui operasi usaha, baik dalam bentuk material maupun nonmaterial.

TENAGA KERJA
Untuk PEREKRUTAN TENAGA KERJA,rumah makan mie ayam ini awalnya dikelapai oleh pemilik sebagai chefnya dan dibantu oleh anggota keluarga 1-2 orang.Tetapi ketika rumah makan mie ayam ini makin banyak pengunjung,rumah makan mie ayam ini mengalami keuntungan yang drastis secara finansial.
Lalu rumah makan mie ayam merekrut tenaga kerja.
Mungkin perekrutannya tidak seperti perusahaan-perusahaan yang berskala menengah hingga besar,yang dalam membuka lowongan pekerjaan harus memberikan syarat menyerahkan CV dan surat lamaran.Tetapi rumah makan mie ayam ini memperlukan tenaga kerja yang ulet,tekun,rajin dan mau diajak kerja sama.Jadi rumah makan mie ayam ini dapat meperkerjakan orang-orang yang berpendidikan rendah tetapi yang mau berusaha dan giat bekerja.
Sekarang rumah makan mie ayam ini berkembang sangat pesat.Tenaga kerjanya juga banyak dan diberikan baju seragam yang berbeda-beda setiap harinya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar