Minggu, 27 Februari 2011

KETERKAITAN para profesi dalam pembuatan game




Oke melanjutkan tulisan yang kemarin,sekarang kita bahas tentang keterkaitan para profesi yang ada dibalik layar dalam pembuatan game.

Ditulisan ini,saya akan menjelaskan tahap-tahap membuat game beserta keterkaitan semua profesi,karena setiap tahap pasti ada keterhubungan dari masing-masing profesi.Dan kita perlu ingat,profesi dalam pembuat game merupakan satu kesatuan yang tak dapat dipecahkan.



Tahap-tahap pembuatan game beserta keterkaitan semua profesi:
1. Tentukan Genre Game

"Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life, Arcade seperti Riden, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Need For Speed, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire. Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya."

Nah tugas ini merupakan bagian dari Producer.Karena producer bertugas untuk mengarahkan game menjadi seperti apa yang diinginkan

2. Tentukan Tool yang ingin digunakan

"Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game."

Ok,seperti yang telah kita baca diatas,tugas ini merupakan tugas dari programmer.Karena programmer inilah sang “game maker”,jadi programmerlah yang harus menentukan bagian ini.

3. Tentukan gameplay game

"Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda."

Selanjutnya bagian ini merupakan jatah untuk Game Designer,Cinematic dan Script And Text Editor.Karena Game designer bertugas untuk mendesign dari game tersebut, apakah game tersebut akan memiliki alur, tipe, dan tampilan yang seperti apa.Cinematic akan membuat game yang dibuat lebih menarik dalam segi alur, tampilan, maupun konsep-konsep lainnya.Dan sang “maestro” (Script And Text Editor) bertugas untuk membuat scenario dari game yang diinginkan. Skrip-skrip tersebut yang nantinya akan dibaca oleh sang game artist.

4. Tentukan grafis yang ingin digunakan

"Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan"

Nah,tugas ini merupakan bagian untuk Artist.Karena artist harus membuat hero padaa game beserta grafisnya.

5. Tentukan suara yang ingin digunakan

"Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game"

Pada bagian ini,merupakan tugas untuk Music Editor (Composer).Seperti yang telah kita baca diatas, pada bagian inilah yang membuat suasana game menjadi real, karena dengan penggunaan dan penempatan suara yang pas dapat membuat game menjadi jauh lebih menarik.

6. Lakukan perencanaan waktu

"Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan"

Tugas ini merupakan tugas untuk Team Lead.Karena Team Lead bertugas untuk memimpin tim dalam pembuatan game agar tetap kompak dan sesuai dengan konsep yang sudah direncanakan.

7. Proses pembuatan

"Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda."

Tentunya bagian ini dikerjakan secara bersama-sama,seluruh profesi,bekerja dalam satu kesatuan.

8. Lakukan publishing

"Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game"

Secara hirarki profesi pembuat game seperti ini:
Maka,tentulah,seperti yang kita liat.terdapat keterhubungan disemuanya.Tak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan

Sumber:
- bahaskomputer.blogspot.com
- google.com








Tidak ada komentar:

Posting Komentar